NEWS INFO

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga bermanfaat :D "Salam Kenal"

Selasa, 26 November 2013

Dahlan Iskan Kagumi Inovasi Pangan Unej

27 November 2013

Setelah sempat tertunda beberapa kali, menteri BUMN RI Dahlan Iskan (DI) akhirnya berkesempatan hadir di Universitas Jember (Unej), (19/11). Beliau hadir memberikan kuliah umum dan dialog interaktif di hadapan ribuan mahasiswa beserta para undangan di gedung Soetardjo Unej. Tema kuliah yang di sampaikan adalah “Entrepreneur Dalam Pengembangan Pangan Alternatif.”

Sebelum memberikan kuliah umum Dahlan Iskan menyempatkan diri untuk makan siang bersama di gedung KAUJE. Disana beliau juga disuguhi dengan pameran produk unggulan Unej terutama produk pangan alternatif. Didampingi oleh Rektor Unej Drs. Moh. Hasan, M.Sc.,Ph.D. Dahlan terlihat sangat tertarik dengan pameran produk ungggulan tersebut. Beberapa kali beliau menikmati makanan alternatif yang merupakan hasil dari penelitian para dosen serta mahasiswa. “Wah ini enak banget, dibuat dari bahan pangan alternatif apa saja ini” puji DI saat menikmati makanan yang berbahan dasar Singkong.
Selepas makan siang DI bersama rektor berangkat menuju gedung Soetardjo dengan mengendarai Mobil listrik karya mahasiswa Unej untuk memberikan kuliah umum dan dialog interaktif. Digedung Soetardjo beliau disambut oleh kesenian Reog Ponorogo. Ribuan mahasiswa beserta undangan tampak sangat bergembira kala DI masuk ruang Soetardjo yang sudah penuh sesak dengan hadirin.

Dalam perkuliahannya beberapa kali DI melontarkan pujian. Pujian dilontarkan Dahlan di depan Rektor Moch. Hasan, dosen, dan ribuan mahasiswa beserta undangan yang menghadiri kuliah umumnya. “Saya melihat proyek yang ditangani Unej sangat kongkrit dalam mengatasi masalah pangan dengan mengangkat potensi suatu daerah," katanya, disambut tepuk tangan hadirin.
Dahlan juga menyampaikan dirinya juga pernah mengunjungi tempat pengembangan inovasi singkong Unej di Wonogiri  Jawa Tengah. Beliau bermalam disana bersama Ketua Lembaga Penelitian Unej Prof. A. Subagio, PhD. "Saya bermalam di desa untuk melihat sendiri pengabdian Universitas Jember di sana. Saya hujan-hujan bersama Pak Bagio ke kebun singkong, dan pagi harinya bertemu petani di sana," katanya.
Dahlan kagum dengan pohon singkong hasil inovasi pertanian Unej yang ada di Wonogiri. "Daun singkong (hasil inovasi) Unej berjari sembilan, sementara singkong di pekarangan rumah warga di sana hanya tiga atau lima. Singkong Unej ini juga sulit dicabut, karena akarnya kuat," katanya.

Menurutnya Unej telah membantu warga Wonogiri untuk meningkatkan kualitas hidup. "Ini satu revolusi, bagaimana mengentas kemiskinan berbasis budaya setempat dan teknologi. Menurut Pak Bagio, 90 persen rumah tangga Wonogiri menanam singkong. Ini berarti kalau urusan singkong dibereskan, berarti membereskan 90 persen masalah," kata bos media tersebut. (Mj)

Sumber : www.unej.ac.id

0 komentar: