NEWS INFO

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga bermanfaat :D "Salam Kenal"

Selasa, 26 November 2013

RI Harus Siap Hadapi Perdagangan Bebas ASEAN 2015


Ilustrasi. (Foto: Okezone)

Berita -- Dalam kunjungan ke daerah Solo, Calon Wakil Presiden yang diusung oleh Partai Hanura Hary Tanoesoedibjo menegaskan Indonesia jangan takut dan harus siap menghadapi tahun perdagangan bebas utamanya  wilayah Asean mengingat perdagangan bebas negara Asia Tenggara (Asean) akan dimulai tahun 2015 mendatang.

Pria yang akrab di panggil HT ini menyebutkan jika semua masyarakat Indonesia  harus siap untuk hadapi era perdagangan bebas di kawasan Asia Tenggara khususnya. "Saya sering diundang ceramah tentang bagaimana caranya untuk menghadapi  perdagangan bebas negara-negara di kawasan Asia Tenggara mulai bergulir tahun depan yaitu  Asean Economic Community (AEC).  Dimana ada 11 negara di kawasan  Asean bebas di dalam perdagangan," jelas HT dalam sarasehan bersama Kadin yang digelar di lokasi pameran Solo Creatif Ekspo yang di gelar di Benteng Vastenburg, Solo,Kamis (21/11/2013).

 Menurut HT, tidak ada yang perlu di khawatirkan tentang Asean Economic Community (AEC) atau perdagangan bebas Asean  karena dari total 600 juta penduduk Asean 40 persennya ada di Indonesia. Jadi pangsa pasarnya masih cukup tinggi. Lebih lanjut HT menjelaskan jika di total jumlah penduduk terbesar nomor dua, tiga, dan empat di Asean yaitu Filipina, Vietnam dan Thailand jika di jumlahkan semua sama dengan jumlah penduduk Indonesia yang sekitar 250 juta jiwa.

 "Ini berarti meski ada Asean Economic Community pasar itu tetap paling besar di Indonesia," jelasnya.

Saat ini Indonesia memiliki populasi penduduk terbesar, jadi Indonesia memiliki pangsa yang cukup besar. Jadi kita harus bersyukur ada Asean Economic Community atau pasar bebas Asean. "Kita berusaha di Indonesia, kita harus berusaha di kandang sendiri. Kalau kalah bersaing di kandang sendiri berarti kita tidak maksimal meski pangsa luar negeri tetap terbuka lebar," terangnya.(rez) (wdi)

0 komentar: