NEWS INFO

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga bermanfaat :D "Salam Kenal"

Jumat, 19 Oktober 2012

Hasrat Konsumsi Tinggi di Negara Sedang Berkembang dari pada Negara Maju..

Pertanyaan:
Mengapa di negara sedang berkembang hasrat untuk konsumsi tinggi (MPC>MPS)  dan pada kenyataannya untuk mengatasi MPC yang tinggi tersebut pendapatan di negara berkembang tidak terlalu tinggi?


Jawaban:

Hal ini terjadi karena ada beberapa hal yang menyebabkan, diantaranya: Household (kegiatan rumah tangga) Kegiatan rumah tangga yang selama ini dilakukan oleh masyarakat negara berkembang tidak pernah dihitung, padahal semua itu apabila dihitung akan membantu dalam peningkatan pendapatan nasional pada negara berkembang. Seperti halnya orang masak, mencuci, menyapu, dan yang menyangkut kegiatan rumah tangga lainnya apabila semua itu dialihkan kepada orang lain dengan kata lain dilimpahkan kepada orang lain untuk melakukan pekerjaan itu, maka hal tersebut akan menjadi pendapatan orang lain yang bekerja pada masing-masing bidangnya. Misalnya saja, para ibu rumah tangga yang biasanya mencuci sendiri dialihkan untuk dicuci ke laundry, maka secara tidak langsung hal itu akan menambah pendapatan nasional suatu negara. Karena negara akan menghitung pendapatan penduduk suatu negara (GNP). Hal inilah yang menyebabkan pendapatan nasional (GNP) di negara berkembang rendah tidak seprti di negara maju yang notabene pendapatan nasionalnya tinggi.
Black economy (underground) Istilah ini adalah istilah yang biasa masyarakat sebut dengan korupsi. Dimana korupsi merupakan suatu tindakan  penyalahgunaan jabatan resmi untuk keuntungan pribadi. Seperti halnya, pejabat-pejabat negara yang saat ini banyak sekali melakukan korupsi dengan menggunakan uang yang sebenarnya adalah hak rakyat melainkan igunakan sendiri demi kepentingan pribadi. Dan tindak pidana seperti ini sangat sulit untuk diatasi, karena banyak sekali uang yang sudah tidak bisa dihitung karena digunakan untuk hal-hal yang sifatnya sangat pribadi, seperti contoh untuk memperbesar slah satu bagian tubuh yang vital, tentu hal ini tidak mungkin untuk publikasikan. Tindakan korupsi seperti ini akan dapat menyebabkan pendapatan nasional rendah pada suatu negara, karena banyak sekali jumlah uang atau dana yang tidak dapat terhitung akibat adanya penggelapan uang yang dilakukan oleh para pejabat-pejabat yang tidak bertanggung jawab. Dan sebaliknya apabila tindakan korupsi ini tidak terjadi pada negara berkembang, khususnya di negara Indonesia maka pendapatan nasional suatu negara akan tinggi.
Dan terkait dengan mengapa pada negara berkembang hasrat konsumsi (MPC) tinggi , padahal pendapatan negara berkembang tergolong rendah. Hal itu terjadi karena adanya factor pola pikir masyarakat yang masih tergolong rendah dibandingkan dengan negara maju yang pola pikirnya sangat tinggi. Dimana, pada negara maju masyarakat cenderung menggunakan pendapatan yang diperoleh untuk dialihkan ke saving atau tabungan, dengan kata lain tidak semua pendapatan yang diperoleh digunakan untuk konsumsi. Meskipun masyarakat negara maju yang notabene pendapatannya tinggi, akan tetapi hasrat konsumsi mereka rendah. Hal ini terjadi sebaliknya pada masyarakat pada negara sedang berkembang, dimana pola pikir masyarakat negara berkembang masih tergolong rendah. Banyak sekali masyarakat negara berkembang salah satunya Indonesia yang mempunyai tingkat pendapatan rendah memiliki hasrat konsumsi yang tinggi. Mereka ingin sekali memenugi konsumsi, padahal pendapatan mereka tidak terlalu tinggi. Hal ini yang menunjukkan pola pikir dan perilaku yang salah.


0 komentar: